Pendidikan Ips: Menganalisis Skripsi S1 PGSD

”download[4]”


Nama mahasiswa      :  YUSI MEILYAWATI
Tahun                         :  2014
Universitas                 : UNIVERSITAS NEGERI JEMBER

Objektif
TES HASIL BELAJAR SIKLUS 1
Jenjang Kemampuan
Nomor Soal
Alasan
C1
1,3,6,8
Karena pertanyaan nomor 1,3,6,8 termasuk dalam pengetahuan (ranah kognitif C1), dan didalam soal 1,3,6,8 ini membutuhkan kemampuan siswa dalam menyebutkan, menunjukkan maupun mengidentifikasi bacaan tersebut. Dan mengingat kembali materi yang telah dipelajari yaitu tentang Pengetahuan Sejarah Uang, biasanya satu jawaban yang benar sehingga termasuk kedalam kategori memory questions.
C2
2,4,7,12
Pada butir-butir soal 2,4,7,12 ada beberapa kata kerja operasional yang membuat soal-soal ini masuk dalam tingkatan ini, seperti mengkategorikan dan menguraikannya,sehingga membutuhkan pemahaman. Pertanyaan nomor 2  (Mengkategorikan), nomor 4 (Menguraikan), nomor 7  (Mengkategorikan), nomor 12 (Menguraikan), termasuk  dalam ranah kognitif C2 (pemahaman) sehingga termasuk dalam kategori Memory Question.

C3
5,9,10,11
Pada C3 ini di maksudkan sebagai kemampuan untuk menerapkan informasi atau pengetahuan yang telah diperoleh dalam kegiatan pembelajaran dalam situasi nyata, karena pada soal no 5,9,10,11 diharapkan siswa untuk dapat menghitung, menentukan dan menggali

Subjektif
SOAL TES AKHIR (POST-TEST) SIKLUS 1
Jenis Pertanyaan
Nomor Soal
Alasan
Memory Quetion
1,8
Karena pertanyaan nomor 1,8 hanya memerlukan pemikiran tingkat rendah, dan , menekan pada proses  dalam mengingat dan mengungkapkan kembali materi  yang telah siswa peroleh secara tepat sesuai dengan apa yang telah mereka peroleh sebelumnya. seperti apa yang dimaksud dengan uang barang dan sebutkan  contoh dari alat penukaran uang barang dan kalimat pertanyaan berupa ingatan.
Convergent Question
2,3,7,12
Karena pertayaan no 2,3,7,12 memerlukan hubungan antara fakta untuk mengkontruksi respon/ jawaban , dan soal ini merupakan jenjang proses berpikir yang setingkat lebih tnggi dari ingatan. Butir soal ini dapat dikatakan untuk mengukur kemampuan proses berpikir tidak hanya meminta pada peserta siswa untuk mengingat kembali tentang segala sesuatu yang telah diajarkan dalam proses pembelajaran, tetapi siswa tersebut harus memahami, sehingga dapat memberi arti dari materi yang dipelajarinya. Sehingga membutuhkan pemahaman.
Divergent Question
5,6
Karena pertanyaan no 5,6  memerlukan respon siswa secara bebas dan mandiri yang lebih bervariasi dan kreatif. Dan pada soal ini membutuhkan  proses berfikir yang setingkat lebih tinggi dari pemahaman. Butir soal dikatakan mengukur kemampuan proses berfikir penerapan, dan  soal ini meminta pada siswa untuk dapat melakukan memilih, dan menerapkan.



























Nama mahasiswa      :  SHAIQUL UMAM
Tahun                         :  2013
Universitas                 :  UNIVERSITAS NEGERI  SEMARANG

Objektif
TES HASIL FORMATIF 1
Jenjang Kemampuan
Nomor Soal
Alasan
C1
1,2,3,4,6,9,10
Karena pertanyaan nomor 1,2,3,4,6,9,10 termasuk dalam pengetahuan (ranah kognitif C1),dan didalam soal 1,2,3,4,6,9,10 mengukur kemampuan siswa dalam pengetahuan tentang istilah, tentang fakta khusus, mulai dan didalam soal ini siswa dapat menjelaskan, menyebutkan, memilih bacaan tersebut. Dan mengingat kembali materi yang  sebelumnya  telah dipelajari yaitu tentang Teknologi Transportasi dan Komunikasi, sehingga termasuk kedalam kategori memory questions.
C2
5,7,8
Karena Pertanyaan nomor 5 (Mengkategorikan), 7 (Mengkategorikan), nomor 8 (Mengkategorikan), termasuk  dalam ranah kognitif C2 (pemahaman) sehingga termasuk dalam kategori Memory Question.


Subjektif
SOAL TES FORMATIF  1
Jenis Pertanyaan
Nomor Soal
Alasan
Memory Quetion
1,3
Karena pertanyaan nomor 1,3 ini   siswa juga hanya diminta menjelaskan kembali gagasan yang telah dia peroleh sebelumnya dan hanya memerlukan pemikiran tingkat rendah, seperti apakah (definisi) keuntungan dari alat transportasi masa lalu dan sebutkan alat trasportasi yang dapat dipakai disungai dan kalimat pertanyaan berupa ingatan.
Convergent Question
2,4,5
Karena pertayaan no 2,4,5 memerlukan hubungan antara fakta untuk mengkontruksi respon/ jawaban. Sehingga membutuhkan pemahaman.




















Nama                          :  INAYATUL MAULA
Tahun                         :  2014
Universitas                 :  UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG

Objektif
SOAL EVALUASI
Jenjang Kemampuan
Nomor Soal
Alasan
C1
1,2,4,7,8,10
Karena pertanyaan didalam soal 1,2,4,7,8,10 merupakan jenjang proses berfikir yang paling sederhana dan mengingat kembali tentang segala sesuatu yang telah diajarkan dalam proses pembelajaran, seperti dapat mengingat nama, istilah , dan juga dapat menyebutkan , sehingga termasuk kedalam kategori memory questions.
C2
5,6,9
Karena Pertanyaan nomor 5,6,9, Pertanyaan nomor 5 (Membedakan ), nomor 6 (Membedakan), nomor 9  (Mengkategorikan), termasuk  dalam ranah kognitif C2 (pemahaman) sehingga termasuk dalam kategori Memory Question.

C3
-
-
C4
-
-
C5
3
Pada soal nomor 3 ini siswa dituntut berfikir lebih tinggi yaitu dapat menbandingkan alat teknologi maaa lalu dan masa kini, dan soal yang diberikan dan siswa dituntut untuk dapat menghasilkan sesuatu yang baru dengan jalan menggabungkan berbagai faktor yang ada dan dibutuh kanemampuan  sehingga menyatukan unsur-unsur dari hasil analisis



Subjektif
SOAL EVALUASI
Jenis Pertanyaan
Nomor Soal
Alasan
Memory Quetion
 Soal B : 1,3,4,6,7
       Soal C : 1,2,3
Karena pertanyaan dari soal B : 1,3,4,6,7 dan soal C : 1,2,3 siswa diharapkan kemampuannya untuk mengerti makna dari informasi yang diperoleh baik berupa fakta, konsep, dan prinsip dan berupa ingatan sehingga siswa dapat menyebutkan tentanperkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi pada masa lalu dan masa kini.
Convergent Question
Soal B  : 9,10
          Soal C : 5
Karena didalam  soal B  : 9,10  soal C : pada soal ini siswa dituntun memiliki kemampuan untuk menyeleksi atau memilih suatu abseksi tertentu (konsep, gagasan, cara) secara tepat dan siswa dituntut untuk memahami situasi secara nyata yang ada pada soal tersebut.

Divergent Question
-
                    -
Evaluative Question
-
                    -
Syntesis Question
Soal B : 2,5,8
         Soal C : 3
Pada soal Soal B : 2,5,8 Soal C : 3 pada soal ini siswa dituntut untuk dapat menghasilkan sesuatu yang baru dengan jalan menggabungkan berbagai faktor yang ada dan dibutuhkan pemikiran yang cukup tinggi.
Evaluation
LKS
Di harapkan siswa dapat mengambil keputusan dengan mempertimbangkan masalah nilai, tujuan, ide, metode penyelesaian, termasuk di dalamnya pertimbangan efektifitas dan ketepatan

























Nama mahasiswa      :  ALFIAN NUR ALIFAN DINI
Tahun                         :  2012
Universitas                 :  UNIVERSITAS NEGERI JEMBER

Objektif
TES AKHIR SIKLUS 1
Jenjang Kemampuan
Nomor Soal
Alasan
C1
1,2,3,4,5,6,7,9
Butir-butir soal ini mengukur kemampuan siswa dalam pengetahuan tentang istilah, tentang fakta khusus, mulai menjelaskan, menyebutkan dan memilih sehingga siswa dapat mengingat kembali materi yang sebelumnya dipelajari, Sehingga soal tersebut termasuk dalam memory question.
·         Pada soal no 1,2, dan 3, membutuhkan kemampuan siswa dalam menentukan / menetapkan identitas (benda) dan menyebutkan .
·         Pada soal no 4,6, da 7 membutuhkan kemampuan siswa dalam menyatakan kembali konsep / definisi yang sebelumnya telah dipelajari.
·         Pada soal no 5 dan 9 membutuhkan kemampuan siswa dalam menyebutkan, menunjukkan maupun mengidentifikasi bacaan tersebut.
C2
8,10
Pada butir-butir soal ini ada beberapa kata kerja operasional yang membuat soal-soal ini masuk dalam tingkatan ini, seperti menjelaskan, mencirikan, mengkategorikan dan menguraikannya, membedakan .
·         Soal no 2, membutuhkan kemampuan siswa dalam (mengkategorikan) teknologi trasnportasi yang ada pada masa kini.
  • Soal no 10, membutuhkan kemampuan siswa dalam (membedakan) dalam menggerakkan sepeda motor, termasuk  dalam ranah kognitif C2 (pemahaman) sehingga termasuk dalam kategori Memory Question.

C3
-
-
C4
-
-

Subjektif
SOAL TES AKHIR SIKLUS 1
Jenis Pertanyaan
Nomor Soal
Alasan
Memory Quetion
 Soal B : 2,7,9
    Soal C : 1 ,2
Karena pertanyaan nomor Soal B : 2,7,9
 Soal C : 1,2 Soal uraian ini memerlukan   pemikiran rendah, mudah dijawab dan tidak memerlukan banyak waktu untuk menjawabnya, karena siswa sudah melakukan pengamatan sebelumnya.

Convergent Question
Soal B : 1,3,6,8,10

Karena pertayaan Soal B : 1,3,6,8,10 Soal ini masuk dalam kategori ini karena soal ini memberikan pertanyaan yang akan membuat siswa untuk menjelaskan sesuia fakta atau situasi yang pernah mereka lihat dalam kehidupan sehari-hari..
Divergent Question
Soal B : 3,5
     Soal C : 5
Pertanyaan pada Soal B : 3,5 Soal C : 5 ini membutuhkan kemampuan siswa dalam merangsang imajinatif maupun kreatif, dengan cara bebas dan mandiri sesuia apa yang ia amati sebelumnya.
Evaluative Question
     Soal C : 4
Pada soal C no 4 ini siswa dituntut untuk dapat mengevaluasi situasi, keadaan, pernyataan, atau konsep berdasarkam suatu kriteria tertentu.














0 komentar:

Posting Komentar

 
Fatrikah Choirul Umami Blog Design by Ipietoon